Peraih 4 Medali Emas di O2SN Kaltim

Satu lagi putra terbaik Berau berhasil membawa nama harum daerah. Dia adalah Muhammad Risqy Ramadan, siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Madani Tanjung Redeb, yang berhasil menyabet 4 medali emas pada cabang olahraga renang pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda, belum lama ini. Prestasi yang dicapainya ini pun mengantarkan kontingen Berau menjadi urutan ke-4 dari 14 kabupaten dan kota yang berlaga di olahraga bergengsi tingkat pelajar SD, SMP, SMA dan SMK tersebut.
 
Anak tunggal Pasangan Rafi’i dan Ami Lestari ini sudah memiliki jiwa olahraga renang sejak kecil. Kegemarannya itu pun membuatnya semangat berlatih renang. Saat duduk di bangku kelas 1 Sekolah Dasar (SD) ia sudah aktif berolahraga renang. Semangat yang diberikan orangtua inilah membuat Risqy tampil pada beberapa kegiatan pertandingan olahraga. Baik tingkat kabupaten maupun provinsi.
 
Pertama kali Risqy mengikuti seleksi sebagai peserta dalam Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) untuk jenjang Sekolah Dasar. Ia pun berhasil menjadi yang terbaik dan mewakili Berau ke tingkat provinsi yang digelar di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada 2012 lalu. Meski saat itu ia baru meraih dua perunggu, namun Risqy tetap semangat berlatih. Sehingga untuk kedua kalinya, laki-laki kelahiran Sanga-Sanga, 2 Desember 2002 ini dipercaya mewakili Berau di LNG Badak open 2012 dengan meraih dua medali perak. Baru pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) yang digelar April lalu, ia berhasil menyabet 1 medali emas, 3 perak dan 1 perunggu. “Untuk yang O2SN ini, Risqy mendapat 4 emas dari semua kelas yang dilombakan di cabang renang tingkat Sekolah Dasar,” ungkap Rafi’i, orangtua Risqy, yang selalu setia mendampingi dan memberi motivasi sang anak saat bertanding.
 
Kini, Risqy yang bercita-cita menjadi seorang pilot, tengah dipersiapkan untuk mengikuti beberapa event bergengsi di tingkat nasional. Risqy pun mengaku siap dan ingin sekali tampil di tingkat nasional dan membawa nama harum daerah. Ia juga tetap ingin semangat berlatih untuk menjadi yang terbaik. “Ya semoga bisa tampil yang terbaik sampai ke nasional,” ujar Risqy.
 
Sementara itu, Hatta, yang setahun terakhir memberikan pelatihan kepada Risqym, mengaku salut dengan bakat yang dimilikinya. Risqy yang sudah pernah tampil di kejuaraan antar club se-IIndonesia di Jawa Barat beberapa waktu lalu ini, dikatakan Hatta, juga mendapat ancungan jempol dari beberapa pelatih di daerah lain. Ia pun berharap dari Risqy akan muncul atlet-atlet muda Berau yang nantinya menjadi atlet andalan yang membawa nama harum daerah. “yang terpenting semangat dan itu sudah ada pada Risqy. Bahkan ia berhasil di semua gaya renang,” ujarnya.

Comments