Makmur HAPK menemui beberapa menteri untuk memantapkan berbagai program

Usai mengikuti acara Musrenbangnas beberapa waktu lalu di Jakarta, Bupati Berau Makmur HAPK juga menemui beberapa menteri untuk memantapkan berbagai program yang tengah dipersiapkan.  Dengan Menko Kesra Agung Laksono, Makmur menyampaikan perkembangan terakhir persiapan Festival Derawan. Ia juga bertemu Menkumham Amir Syamsuddin berkaitan dengan Tempat Pelayanan Imigrasi (TPI) bandara Kalimarau.
 
Festival Derawan, kata Makmur, menjadi ajang yang sangat penting bagi perjalanan dunia wisata bahari di kabupaten Berau.  Karena itu, acara yang bersamaan dengan pelaksanaan Sail Komodo tersebut harus dipersiapkan dengan matang. ”Inilah yang saya sampaikan dengan Menko Kesra saat bertemu lalu,”kata Makmur.
 
Dalam pertemuan sekitar satu jam di gedung Nusantara, Jakarta, Menko Kesra Agung Laksono, memberikan apresiasi kepada Pemprov Kaltim terutama Pemkab Berau dan seluruh panitia Festival Derawan. Agung Laksono salut Pemprov dan Pemkab Berau terus bekerja dalam mempersiapkan pelaksanaan pesta wisata yang dihelat Juni hingga September mendatang ini.”Kami siap memberi dukungan penuh atas suksesnya pelaksanaan festival Derawan,” kata Agung Laksono.
 
Bukan hanya dukungan moril, tetapi juga berbagai usulan yang disampaikan dalam kaitan pelaksanaan juga akan mendapat perhatian serius. ”Berbagai usulan anggaran yang disampaikan panitia di kabupaten Berau akan kami perhatikan” tambahnya. Usulan dimaksud, berkaitan dengan pembiayaan yang dibutuhkan selama persiapan hingga puncak acara festival.
 
Agung Laksono juga mengingatkan kepada jajaran panitia di daerah bahwa pada saat puncak festival nanti diperkirakan akan ada rombongan dengan menggunakan kapal penumpang. Sehingga menjadikan Derawan sebagai destinasi wisata.  Mereka akan mengunjungi Derawan, untuk wisata sekaligus melakukan kegiatan bakti sosial. ”Bisa jadi itu nanti akan beranggotakan Pramuka,”tambahnya.
 
Usai pertemuan dengan Menko Kesra Agung Laksono, Bupati melanjutkan pertemuan dengan Menkumham Amir Syamsuddin atas undangan khusus di kediamannya.  Dalam pertemuan tersebut, Bupati Berau menyampaikan kembali tindaklanjut kegiatan di bandara Kalimarau pasca grand opening yang juga dihadiri Menkumham.  Termasuk tindak lanjut yang dilakukan jajaran kantor Menkumham provinsi Kaltim.
 
Tempat Pelayanan Imigrasi (TPI) menjadi salah satu penentu keinginan Bupati dalam menjadikan Kalimarau sebagai bandara internasional ke tiga di Kaltim setelah Sepinggan Balikpapan dan Juwata Tarakan.  “Infrastruktur di bandara sudah siap. Tinggal pendukung yang masih dipersiapkan melalui koordinasi lintas sektoral. Masih menunggu kelengkapan Bea Cukai dan dukungan lainnya,” kata Makmur.
 
Menkumham Amir Syamsuddin, mengaku memberikan perhatian khusus terhadap bandara Kalimarau yang akan menjadi pintu terdepan di bagian utara Kaltim.  Apalagi, setelah terbentuknya provinsi Baru. Maka Berau tentu akan mendapat berkah dari terbentuknya provinsi baru tersebut.  Salah satunya, keberadaan bandara Kalimarau. ”Tentu warga di ibukota provinsi Kaltara banyak menjadikan Kalimarau sebagai lintas perjalanan udara mereka,” kata Amir Syamsuddin.
Terkait dengan perkembangan pariwisata, jelas dengan terbukanya jalur Internasional akan semakin menjadikan Berau sebagai daerah wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. ”Insya Allah sebelum pelaksanaan Festival Derawan TPI di Kalimarau sudah bisa beroperasi,” tambahnya.  Dengan TPI itu, operator penerbangan tentu akan melirik dan berfikir untuk membuka jalur Internasional. Termasuk upaya-upaya pendekatan langsung yang harus dilakukan jajaran Pemkab dalam meyakinkan operator penerbangan luar negeri untuk masuk membuka rute penerbangan Internasional.

Comments