KKPPK menghijaukan sepanjang tepian di Kecamatan Sambaliung dan Kecamatan Gunung Tabur

Selain memprioritaskan program kebersihan dengan memperkuat personel dalam pengelolaan sampah. Kantor Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran (KKPPK) Berau juga menjalankan program penghijauan dengan mewujudkan taman kota yang nyaman.
 
Selain merawat taman yang sudah dibangun di beberapa titik dalam Kota Tanjung Redeb sebagai ruang terbuka hijau, KKPPK kini juga tengah menghijaukan sepanjang tepian di Kecamatan Sambaliung dan Kecamatan Gunung Tabur, yang baru saja selesai diturap beton. Penghijauan tersebut merupakan salah satu bagian untuk mempercantik wajah kecamatan yang berada di jantung Kabupaten Berau tersebut.
 
Kepala KKPPK Berau, Yudha Budisantosa, saat ditemui beberapa waktu lalu mengatakan kalau pihaknya telah menyusun gambar untuk menghijaukan sepanjang tepian tersebut. Pasalnya untuk membuat taman agar cantik dan memberikan manfaat harus menyesuaikan dengan jenis tanaman yang akan dikembangkan. Begitu juga dengan perawatan rumput taman yang tidak cepat meninggi. “Kami sudah siapkan desain gambarnya. Terutama jenis-jenis tanaman yang akan ditanam di sepanjang tepian,” ucapnya.
 
Namun untuk merawat taman, dikatakan Yudha, tidak hanya mampu jika disepenuhnya diserahkan ke petugas KKPPK. Menurutnya, masyarakat juga harus berperan aktif dalam merawat taman. Terutama masyarakat yang tinggal di sekitar taman, termasuk di sepanjang tepian dua kecamatan tersebut. “Kami mengajak masyarakat untuk berperan. Karena tanpa masyarakat apa yang kita lakukan akan sia-sia,” tandasnya.

Comments