Garuda bisa membuka rute regulernya lebih awal dari rencana

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang dijadwalkan terbang perdana ke Bandara Kalimarau awal Agustus, diharap bias terealisasi lebih awal. Garuda bisa membuka rute regulernya lebih awal dari rencana semula untuk memenuhi permintaan masyarakat yang cukup tinggi.
 
Demikian diungkapkan Bupati Berau Makmur HAPK kepada wartawan, kemarin (9/5). Menurut Makmur, dari pertemuan dengan manajemen dan koresponden beberapa pekan terakhir, manajemen Garuda sudah menyampaikan permintaan ruangan di Bandara Kalimarau. “Semua permintaan (kebutuhan, Red.) itu sudah kami penuhi dan telah disiapkan,” kata Makmur. 
 
Menurutnya, pihak Garuda juga sudah mencari tempat di Tanjung Redeb untuk dijadikan kantor perwakilan. Namun, saat survei pihak Garuda menyebutkan bahwa penerbangan efektif dimulai awal Agustus. “Pada prinsipnya, kami cukup bangga dan menyetujui,” ungkap Makmur. Namun, jika melihat perkembangan terakhir, di mana permintaan akan jasa layanan penerbangan udara cukup tinggi. Sehingga bupati menyampaikan harapan baru ini kepada Garuda.
 
Dijelaskan, situasi ini hendaknya dipelajari dan menjadi pertimbangan Garuda untuk mempercepat rencana itu. ”Bisa saja, kalau semua persiapan bandara siap, dimulai pada bulan Juni mendatang,” kata Makmur. 
 
Bupati prihatin, jika tidak dipenuhi akan membuat warga kecewa lantaran ada persoalan teknis yang dihadapi salah satu maskapai penerbangan yang ada.  Ini berarti, ratusan penumpang yang gagal terbang, baik untuk urusan kedinasan, urusan keluarga, maupun yang akan menikmati libur panjang, bagi karyawan swasta.
 
”Kalau saja Garuda memulai penerbangan lebih awal, tentu kekecewaan penumpang bisa sedikit terobati,” tegasnya. Situasi seperti ini, menurut Makmur, juga mesti dipahami pengelola bandara, agar rencana awal maskapai Wings Air yang pernah mengusulkan untuk melakukan penerbangan sebanyak 2 kali sehari dapat ditinjau kembali. ”Sekarang ada alasan yang tepat memberikan kesempatan kepada Wings Air, untuk terbang sebanyak 2 kali dalam sehari,” pintanya.

Comments