Berau kembali melaksanakan pengobatan gratis untuk masyarakat umum.

Melalui program Berau Sehat, Badan Amil Zakat (BAZ) Berau kembali melaksanakan pengobatan gratis untuk masyarakat umum. Kegiatan sosial tersebut dilaksanakan sehari, hasil kerja sama BAZ dan Fatayat NU. Kegiatan ini sekaligus memeriahkan peringatan Harlah Fatayat NU ke-63 tahun 2013.
 
Sekretaris BAZ Mustamam Harir mengatakan, pengobatan gratis yang dilaksanakan ini merupakan pengobatan thibbun nabawi. Yakni, pengobatan ala nabi. Salah satu di dalamnya adalah bekam, ruqkiyah, serta cek kadar gula darah. “Alhamdulillah, kegiatan sosial yang kami laksanakan ini mendapat apresiasi dari warga,” katanya.
 
Dijelaskannya, pengobatan thibbun nabawi yang di Gedung NU tersebut diikuti sekitar 85 orang yang merupakan warga dari berbagai kelurahan. Pihaknya juga menargetkan pengobatan tersebut melayani sekitar 100 pasien. “Rata-rata pengobatan ala nabi, yakni bekam dan ruqiyah untuk ibu-ibu dan remaja. Sisanya adalah cek gula darah. Bekam dan ruqiyah yang banyak diminati kaum ibu dan remaja,” jelasnya.
 
Menurut Mustamam, di samping melakukan pengobatan gratis, pihaknya juga menyerahkan bantuan berupa uang tunai kepada salah seorang mualaf. Bantuan tersebut sebagai wujud dukungan BAZ untuk menopang usaha yang mereka jalani selama ini. “Jadi, bantuan ini merupakan wujud kepedulian kami. Semoga dapat digunakan dengan baik,” ungkapnya.
 
Selain pengobatan gratis, pihaknya juga kerap menggelar kegiatan pada hari besar keagamaan maupun melayani permintaan dari 13 kecamatan. Hal ini sudah menjadi bagian dari program Berau Sehat yang telah lama dilaksanakan BAZ. “Bantuan yang kami berikan itu memang khusus bagi warga yang tidak mampu, yang sudah terdata oleh petugas kami,” jelasnya.

Comments