Festifal Derawan, Maratua menjadi salah satu unggulan

MARATUA  menjadi salah satu pusat kunjungan ketika berlangsungnya Festival Derawan pada Juni hingga September mendatang. Peran masyarakat, akan menjadi sangat penting, di dalam menerima kunjungan wisatawan dalam negeri maupun manca negara.  Semua kesiapan sudah harus dilakukan sejak sekarang.
 
Menurut Camat Pulau Maratua, Kudarat, seluruh masyarakat yang tersebar di empat kampung sudah tahu bahwa tempat mereka akan menjadi penyelenggara Festival Derawan. ”Saya sudah sampaikan kepada seluruh masyarakat dan responnya sangat positif,” kata Kudarat.  Tak perlu ada perubahan drastis.
 
Justru masyarakat menerima sesuai dengan situasi di pulau tersebut. Namun, yang terpenting adalah, bagaimana masyarakat dengan segara keramah-tamahan dan adat istiadat yang ada, ikut membantu suksesnya penyelenggaraan Festival Derawan.  Salah satunya, dengan menyiapkan rumah mereka sebagai tempat tinggal warga yang datang berkunjung. ”Masyarakat seluruhnya siap. Menjadikan rumah mereka sebagai home stay,” katanya. 

Comments