BIMTEK TEKNOLOGI INFORMASI

Penggunaan teknologi iniformasi kini terus digalakan, tidak saja didalam corporasi dunia usaha, akan tetapi kini sudah merambah kedalam Upaya peningkatan Pelayanan Masyarakat oleh Pemerintah.

Dalam praktiknya Teknologi dan Informasi adalah merupakan upaya percepatan dalam rangka pengambilan suatu keputusan yang bersumber dari kemajuan teknologi yang ada, Pemerintah Kabupaten Berau Beberapa saat yang lalu melalui Bagian IT telah menggelar kembali kerjasama dengan BPPT  atau Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi untuk melakukan pengembangan kinerja berbasis teknologi di Lingkungan SKPD yang ada di Kabupaten Berau. Kegiatan yang berlangsung di salah satu Hotel Bintang Lima di Jakarta tersebut juga dilanjutkan dengan acara Bimbingan Teknis Penerapan Teknologi bagi Kalangan Eksekutif dan Legislatif di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Berau, Dalam kesempatan tersebut hadir Ketua DPRD Berau Ir. Hj. Erlita, Asisten 1, H. Anwar, S.Sos, Asisten 2, Ir. Suparno Kasim, DPRD Berau, Segenap Karyawan BPPT, serta beberapa Pimpinan SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Berau. 

Bupati Berau dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten 2 Pemkab Berau Drs. Soeparno Kasim mengatakan, sudah saatnya pemerintah Daerah menerapkan teknologi dalam melakukan suatu pekerjaan dalam upaya meningkatkan pelayananan kepada masyarakat yang selalu mengedepankan urusan yang berbasis Pro Rakyat sebagai pola kemudahan dalam melakukan birokrasi, selain sebagai tuntutan jaman hal ini juga dilakaukan agar segala pengurusan birokrasi yang dilakukan baik itu untuk kepentingan antara intern SKPD maupun sebagai output terhadap masyarakat langsung. Bupati Berau dalam sambutannya yang dibacakan Asisten 2 Pemkab Berau juga mengatakan, Negara yang maju adalah negara yang sudah menerapkan TI didalam pengambilan keputusan atau kebijakan didalam aktifitas pemerintahannya. Begitu juga halnya dalam pengambilan keputusan dan kebijakan bagi pemerintah Kabupaten. Hal ini jika diberlakukan di lingkup pemerintah maka akan terjadi pemangkasan birokrasi, meminimalisir penggunaan ATK, serta mempercepat proses keputusan.
Peranan teknologi informasi untuk memperbaiki pelaksanaan organisasi di negara-negara berkembang, mempunyai potensi yang sangat baik. TI mampu membawa kepada peningkatan produktivitas dan efisiensi kerja yang lebih besar, serta penigkatan terhadap kuantitas dan kualitas hasil kerja organisasi. 
Didalam konteksnya adalah penting untuk melihat fokus utama TI sebagai usaha untuk mengurangi kepada tahap paling minimum rantai proses kerja.
Melalui penghapusan secara besar-besaran beberapa tahap rantai kerja yang
tidak memberikan nilai tambah dan ini akan mengurangi delay diantara tahap proses kerja. TI membantu dalam hal ini karena ia mampu merealisasikan aspek-aspek logico-rational didalam praktek kerja yang sesungguhnya. Keadaan yang sama di dalam sistem birokrasi pemerintah yang lebih besar termasuk departemen-departemen yang terlibat dengan indutri, keuangan, energi, transportasi, pembangunan didaerah rural dan sebagainya, pada level
Kabupaten maupun pada Pemerintahan Pusat dan Provinsi, mengalami kelambatan dalam mengambil keputusan akibat ketidak spakatan didalam membuat keputusan yang berkenaan dengan kebijakan-kebijakan penting, proyek - proyek dan program-program merupakan hal yang biasa terjadi. Hal itu terjadi karena penangguhan-penangguhan yang terjadi pada beberapa level dimulai dari draft proposal ke mereka yang berkepentingan untuk membaca, mengkaji dan menilai kemudian diteruskan melalui beberapa hirarki dalam sebuah organisasi. Dan pada setiap tingkat dokumen tersebut perlu menunggu untuk beberapa waktu yang dapat mencapai masa berhari-hari sampai berminggu-minggu. Hal ini akan mengakibatkan pada biaya proyek yang tinggi dan juga menghambat kelancaran suatu proyek. Akibat-akibat lainnya tidak tercapainya rencana dan jadwal yang telah ditetapkan. Hal tersebut akan membuat imej jelek terhapad pemrintah dan administrasi. Bagaimanapun, situasi tersebut dapat diatasi dengan bantuan Image Technology dan work flow sofware.        awr-Humas    

Comments