Mubes Suku Dayak Punan & Basap

Pagi Sob, cuma mau berbagi info kalau hari ini tanggal 27 oktober di desa punan malinau akan diselenggarakan Musyawarah Besar Adat dan Festifal Seni Budaya Suka Dayak Punan dan Suku Dayak Basap Se Kalimantan Timur, kegiatan ini rencananya juga akan mempertunjukan Kebudayaan Asli Masyarakat Suku Dayak, Menarik, Eksitis dan yang jelas pasti penuh kehangatan warga Masyarakay Suku dayak dalam memberikan jamuan tradisi khas mereka.

Suku dayak Basap dan Suku dayak Punan sendiri adalah merupakan salah satu dari banyak suku dayak yang ada di belahan kalimantan, dan di berau senri ada lagi suku dayak lain selain suku dayak basap dan punan, seperti dayak gaai, dayak lebu atau dayak banua atau dayak berau. Suku dayak hidupnya nomaden, dan berburu serta berladaang adalah mata pencaharian mereka. dan jika kita melakukan susur sungai sepanjang sungai yang ada di kalimantan atau sepanjang sungai yang ada di berau maka kita akan banyak sekali menjumpai perkampungan perkampungan masyarakat suku dayak.

Mengenai tradisi suku dayak ini ada satu yang masih membuat penasaran dan sampai sekarang aku belum mendapat jawabannya hingga saat ini, yaitu masyarakat dayak setip membuat kampung hunian pasti kampungnya terletak di sebelah kiri sungai ( ada yang tau kenapa ? )

So.. selamat bermusyawarah bagi masyarakat suku dayak yang ada di desa Punan Malinau Berau, semoga segala keputusan yang timbul dalam Musyawarah Besar tersebut dapat menjadikan sebuah pencerahan baru bagi kita sekalian.

Comments