2012, Wisata Bahari Bidik Kepulauan Derawan

INDONESIA dikenal sebagai negara bahari mengingat sebagian besar wilayahnya terdiri dari perairan. Tak mengherankan bila wisata bahari siap menjadi target di 2012. Untuk meningkat jumlah kunjungan wisatawan pada 2012, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif berjanji akan memerbaiki sarana dan prasarana.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan, perbaikan sarana dan prasarana dilakukan melalui program DMO atau Destination Management Organization, suatu perencanan yang komprehensif untuk mengembangkan pariwisata Indonesia. Mari menjelaskan, program DMO mencakup 15 destinasi di Indonesia yang akan dikembangkan, termasuk Kepulauan Derawan. Kini, Kepulauan Derawan mulai bebenah diri untuk menyambut kunjungan wisatawan mancanegara di 2012. 

Masalah pertama yang akan dibenahi adalah membuka akses menuju kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini salah satunya adalah bandara. "Saat ini, pembangunan dan perluasan airport sudah dikembangkan, sebentar lagi akan selesai dan rencanya Februari 2012 nanti akan diresmikan," katanya usai acara “Apresiasi Wonderful Indonesia” di Jakarta, belum lama ini. 

Langkah-langkah lain juga ditempuh Kemenparekraf untuk semakin memerkenalkan Kepulauan Derawan ke mancanegara, seperti membangun infrastruktur, mengembangkan SDM, dan promosi besar-besaran. "Dengan dibukanya airport nanti, aksesibilitas bisa membaik dan kita bisa semakin meningkatkan promosi dengan meningkatkan potensi dari daerah tersebut seperti diving," lanjut Mari. 

Kepulauan Derawan memang salah satu tujuan wisata bahari di Indonesia yang sedang berkembang. Jika berkunjung ke sana, Anda bisa menikmati keindahan alam bawah laut dan pasir putihnya. Inilah yang membuat para wisatawan ingin kembali lagi berkunjung. Sayangnya, akses menuju Kepulauan Derawan kurang mendukung, menjadi penghalang wisatawan mancanegara maupun lokal untuk datang berkunjung. (ftr) 

Sumber :okezone.com

Comments