Anggota DPRD Terpilih Dilantik

Proses pelantikan 25 anggota DPRD Kabupaten Berau periode 2009-2014 di Gedung DPRD Berau berjalan lancar, kemarin. Hadir Bupati Berau Makmur HAPK, Wakil Bupati (Wabup) Ahmad Rifai, dan Ketua Pengadilan Negeri Burhanuddin.

Usai mengetok palu ketua dewan sekali, rapat paripurna dimulai dengan sambutan dari Pjs Ketua DPRD Berau. Kamrani mengatakan, agar anggota DPRD terpilih yang baru bisa berbuat lebih baik lagi daripada anggota DPRD periode sebelumnya. Bersama-sama dengan anggota eksekutif menentukan kebijakan-kebijakan untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat Berau.

Memasuki masa jabatannya sejak kemarin, anggota DPRD periode 5 tahun mendatang mendapatkan pekerjaan rumah (PR) dari anggota periode sebelumnya, di antaranya pembahasan rancangan peraturan daerah (raperda) mutu pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA) di Kabupaten Berau, penerimaan sumbangan pihak ketiga kepada daerah, pelayanan air minum Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Segah Kabupaten Berau, dan perizinan perkebunan di Kabupaten Berau.

Menurut Kamrani, 4 raperda itu memang tidak sempat dibahas karena sempitnya waktu pembahasan. Selain itu, ada 1 raperda yang sangat mendesak untuk di selesaikan, yaitu raperda anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2009. “Ini menjadi prioritas kami waktu itu. Jika tidak dibahas segera, maka akan lama lagi bakal disahkan, sedangkan waktu di 2009 ini tidak beberapa bulan lagi,” kata Kamrani.

Terpisah, Bupati Berau Makmur HAPK mengucapkan selamat bertugas kepada anggota DPRD baru. Usai membacakan sambutan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Bupati mengatakan, diharapkan anggota DPRD baru bisa bekerja sama dengan pemerintah kabupaten (pemkab) untuk membangun dan memajukan Bumi Batiwakkal.

Sebagai pimpinan sementara DPRD Berau dipegang oleh H Saga dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan wakil ketua sementara Elita Erlina dari Partai Golkar. Dikatakan Saga, dalam waktu dekat ini dia bersama anggota DPRD yang lain segera menyusun fraksi-fraksi dan melakukan pemilihan ketua dan wakil DPRD yang baru. “Baru setelah itu kami akan membahas raperda, dan sebagainya,” kata mantan anggota DPRD periode 2004-2009 itu.

Selain itu, Anwar, anggota DPRD dari Partai Demokrat mengatakan, dia bersama anggota DPRD Partai Demokrat lainnya akan melakukan hal-hal yang lebih baik lagi daripada anggota sebelumnya, terutama dalam melaksanakan fungsi kontrol dan penyerapan aspirasi masyarakat. “Kami juga akan belajar dari anggota-anggota dewan sebelumnya demi mewujudkan yang lebih baik,” ungkapnya.

Pelantikan itu juga dihadiri seluruh pejabat Pemkab Berau, Muspida, tokoh masyarakat, serta simpatisan partai politik. Acara itu ditutup dengan pemberian ucapan selamat kepada 25 anggota DPRD baru yang dimulai dari bupati beserta wabup Berau.

Comments