18 Calhaj Belum Lunasi BPIH

Bagi jamaah calon haji (calhaj) yang belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) agar segera mungkin melunasinya. Pasalnya, pelunasan BPIH akan ditutup Rabu (12/8) besok. Hingga saat ini Departemen Agama (Depag) Berau masih membuka peluang kepada calhaj untuk menyerahkan bukti pelunasan BPIH hingga pukul 16.00 Wita.

Berdasarkan data Depag Berau, jumlah calhaj yang sudah melunasi BPIH baru 121 calhaj dari jumlah kuota sebanyak 139 calhaj atau masih tersisa 18 calhaj yang masih menunggak. Kepala Depag Berau Busransyah mengatakan, bagi calhaj yang belum melunasi BPIH pada sesuai jadwal pelunasan yang telah ditetapkan (besok, Red), mereka otomatis akan batal diberangkatkan tahun ini.

Posisi mereka akan digantikan oleh calhaj yang masuk daftar tunggu berikutnya. Disebutkannya, jumlah BPIH musim pemberangkatan haji 2009 ditetapkan sebesar 3.544 dolar AS plus Rp 100 ribu untuk asuransi. “Jadi calhaj yang belum melunasi BPIH 2009, pemberangkatannya akan diundur tahun depan,” tuturnya.

Pemberangkatan haji 2009 diperkirakan pada Oktober mendatang. Kendati masih lama, calhaj diminta untuk menjaga kesehatan diri baik melalui mengonsumsi makanan yang sehat, maupun berolahraga secara teratur. Disinggung soal kesiapan paspor haji yang kini diurus sendiri oleh calhaj ke kantor imigrasi Tarakan, Busransyah mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih mengakomodir sejumlah persyaratan yang dimiliki calhaj untuk pembuatan paspor.

Bila persyaratan calhaj itu telah terkumpul, Depag Berau juga akan mengutus stafnya untuk mendampingi pembuatan paspor tersebut di Tarakan. Sedangkan untuk biaya pembuatan paspor tidak dikenai ongkos, sebab biaya pembuatan paspor itu telah masuk dalam anggaran BPIH yang disetor calhaj.

Menjelang keberangkatan, Busransyah juga mengimbau kepada seluruh calhaj untuk proaktif mencari informasi yang dibutuhkan di Kantor Depag Berau. Begitu pula pada calhaj yang pindah alamat untuk segera melaporkan diri kepada Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji (P3H).

Busransyah menjelaskan, saat ini telah berjalan manasik haji yang dibagi dalam beberapa kelompok. Diperkirakan, manasik haji per kelompok itu akan dilakukan dalam 10 kali pertemuan. Depag Berau juga berencana menggelar manasik haji massal yang digelar di halaman Masjid Agung Baitul Hikmah Tanjung Redeb.

Comments