Pengusaha Harus Ikut Promosi Wisata

Pembukaan Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gepensi) se-Kaltim ditandai pemukulan gong oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan Provinsi Kaltim Hadi Bukhari Muslim di Hotel Bumi Segah, Tanjung Redeb, Selasa (21/7) malam. Adi Bukhari mewakili Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

Mukerda tersebut juga dihadiri Bupati Berau Makmur HAPK, Wakil Bupati (Wabup) Berau Ahmad Rifai, serta unsur muspida lainnya. Hadir pula Ketua Gapensi Kaltim HM Syahrun, Pimpinan Pusat Gapensi Suharsoyo, serta seluruh Ketua Badan Pimpinan Cabang (BPC) Gapensi se-Kaltim.

Acara yang digelar di Hotel Bumi Segah tersebut bertema Gapensi Bertekad Terus Membangun Usaha Jasa Kontruksi Nasional yang Kokoh dan Andal Guna Mendukung Pembangunan Insfrastruktur dalam Rangka Percepatan Pertumbuhan Pembangunan Daerah Kaltim.

Dalam sambutannya, Hadi Bukhari mengharapkan kepada Gapensi sebagai organisasi profesi penunjang dan mitra pemerintah dalam bidang konstruksi untuk lebih memantapkan diri dalam mengevaluasi kerja yang telah dilaksanakan. Terutama dalam menyusun program-program kerja dan langkah-langkah perbaikan. “Saya mengharapkan dalam mukerda ini para anggota Gapensi benar-benar mengikutinya, sehingga membuahkan hasil seperti yang diharapkan semua pihak,”ujarnya.

Di sela-sela pembukaan Mukerda itu, Bupati Makmur HAPK menyempatkan diri untuk mempromosikan potensi Sumber Daya Alam (SDA) serta objek wisata Berau. Dikatakannya, Berau mempunyai potensi SDA. Di antaranya batu bara, perikanan, perkebunan, dan perkayuan. Di samping itu, Berau juga memiliki berbagai jenis objek wisata, seperti wisata bahari, budaya, hingga wisata hutan. “Salah satu objek wisata bahari yang terkenal di dunia ada di Berau, yaitu Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban,” ungkap Makmur.

Dituturkannya, seharusnya Gapensi tidak hanya pandai dalam mempromosikan kualitas pembangunan insfrastrukturnya terhadap pemerintah, namun Gapensi juga sangat diharapkan dalam mempromosikan objek wisata yang dimiliki setiap daerah. Pasalnya, Gapensi diyakini mempunyai banyak relasi hingga keluar daerah, sehingga bisa menginformasikan objek-objek wisata yang ada di Berau. “Dengan ikut mempromosikan wisata tersebut, Gapensi juga berarti ikut menyukseskan pembangunan daerah,” tutur Makmur.

Selain itu, Makmur juga mengharapkan peran serta Gapensi dalam membangun fasilitas di objek wisata yang ada. “Gapensi tidak hanya membangun infrastruktur, tapi juga ikut berinvestasi membangun fasilitas di objek wisata yang ada agar lebih menarik wisatawan,” tambahnya.

Di samping itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau sangat terbuka bagi para investor yang akan berinvestasi. “Selama investasi yang akan dilakukan serius dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Berau, kami pemerintah daerah memberikan dukungan,” ucapnya

Comments