Wabup Tinjau Beberapa Kantor

Wakil Bupati (Wabup) Ahmad Rifai mengunjungi sejumlah dinas di lingkungan Pemkab Berau, Selasa (23/6). Maksud kunjungan tersebut untuk mengoptimalkan sejumlah gedung instansi yang diprediksi bisa “ditumpangi” instansi lain.

Wabup bersama Kabag Umum dan Perlengkapan Abdurrahman pertama kali mengunjungi Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah di samping Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau. Selain ditempati oleh Badan Pelayanan dan Perizinan Terpadu (BPPT), kantor yang dibangun dengan dana sekira Rp 20 miliar itu juga akan ditempati oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Selain itu, Wabup juga mengunjungi Kantor Dinas Pekerjaan Umum (DPU) yang berada di Km 5, Tanjung Redeb. Rencananya kantor berlantai 3 itu juga akan ditumpangi oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan. “Masih ada ruang di DPU yang masih bisa dimanfaatkan bagi dinas lain,” kata Rifai di sela kunjungannya.

Dalam kunjungan itu, Wabup juga didampingi Kadis DPU Yudi Artangali yang melihat langsung beberapa ruang yang sekiranya dapat dimanfaatkan. Dalam kunjungannya, Wabup memerintahkan peralatan di laboratorium yang berada di ruangan ber-AC untuk dipindahkan ke gudang saja. Pasalnya, peralatan tersebut hanya terbuat dari logam. Sedangkan ruangan laboratorium tersebut akan dijadikan ruangan bagi salah satu bidang di DPU.

Kemudian, Rifai juga mengunjungi kolam renang Kakaban Akuatik yang berada di seberang Kantor DPU. Kolam renang itu juga nantinya akan dijadikan Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) untuk sementara waktu. Namun, diperkirakan masa perpindahan tersebut memakan waktu cukup lama. Pasalnya, bekas venue PON XVII itu belum diserahterimakan ke Pemkab Berau.

Di sana, Wabup melihat tiga ruangan yang bisa dimanfaatkan sebagai kantor sementara. “Ruangannya ber-AC dan sudah memenuhi syarat sebagai kantor. Ini bisa dijadikan kantor Dispora sementara waktu,” tuturnya.

Di samping itu, Wabup juga merencanakan akan memindahkan Kantor Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) yang kini berada di Jl APT Pranoto ke eks Kantor DPU di Jl Pemuda, Tanjung Redeb. “Nanti kantor itu (kantor Distamben, Red) akan kita hancurkan, baru kita bangun taman di sana,” tuturnya.

Rifai mengatakan, sementara ini banyak ruang atau kantor yang sengaja dioptimalisasikan penggunaannya. Hal itu disebabkan masih kurangnya sarana dan fasilitas bagi sejumlah dinas pemerintahan. Sambil menunggu pembangunan gedung kantor baru, beberapa dinas terkait akan disatukan dengan beberapa instansi yang memiliki gedung lebih layak, seperti Kantor BPPT dan Kantor DPU.

Comments