Makmur Imbau Masyarakat Jaga Keindahan Derawan

Bupati Berau Makmur HAPK merasa terhormat dan bangga atas terpilihnya Kabupaten Berau sebagai tuan rumah pelaksana Rapat Koordinasi (Rakor) Bantuan Hukum se-Provinsi Kaltim di Pulau Derawan, beberapa waktu lalu.

Selama ini, Kabupaten Berau memang menjadi salah satu tujuan wisata terbesar di Kaltim. Keindahan dan pesona bawah laut Pulau Derawan dan pulau-pulau sekitarnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik dan mancanegara.

“Kemajuan wisata di Pulau Derawan juga tidak terlepas dari peran Gubernur Kaltim yang selalu merekomendasikan berbagai kegiatan pemerintah dan non-pemerintah untuk dilaksanakan di Derawan,” ujarnya kemarin.

Di samping itu, promosi wisata terus digencarkan untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Berau. Kemudian pelestarian keaslian dan keindahan alam juga tetap dijaga. Menurut Makmur, dalam pengimplementasian kedua hal itu diperlukan sinergi antara pemerintah dan masyarakat.

Oleh karena itu, pemerintah berusaha memberikan kesadaran masyarakat setempat untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam. “Kami berusaha menanamkan kesadaran melalui memberikan pengalaman langsung. Misalnya memberikan pemahaman bahwa warga setempat itu sendiri yang rugi jika keindahan Derawan rusak,” ungkapnya.

Pemkab Berau juga memberikan bantuan dana rehabilitasi rumah penduduk demi peningkatan kesejahteraan penduduk. Selain itu juga memberikan kesempatan bagi penduduk merasakan keuntungan dari para wisatawan yang berkunjung.

Comments