KNPI Gelar Pelatihan Komputer bagi Guru

Puluhan kepala sekolah, guru TK dan SD Kecamatan Teluk Bayur mendapatkan pelatihan komputer di Kantor Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Jumat (2/5).

Pelatihan yang digagas KNPI Teluk Bayur bekerja sama dengan PT Berau Coal tersebut diadakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) para pendidik. Menurut Ketua KNPI Teluk Bayur Edy Jumantara, pemanfaatan teknologi informasi tidak bisa ditawar lagi, jika para guru tidak ingin ketinggalan kualitas pendidikannya dibandingkan daerah lain. Seperti jaringan informasi sekolah (JIS) yang telah diterapkan berbagai sekolah di Pontianak, Kalimantan Barat. Segala informasi sekolah seperti nilai siswa dan sebagainya dapat diakses melalui JIS.

Dalam dunia pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai media dalam proses belajar mengajar para guru dan siswa. Komputer bisa berfungsi sebagai media tutorial, alat peraga dan juga alat uji.

Sebagai media tutorial, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa atau anak. Tetapi interaksi komputer dengan manusia belum dapat mengalahkan interaksi manusia dengan manusia. Sebagai media alat peraga, komputer mempunyai kelebihan dapat memperagakan percobaan tanpa adanya resiko, tetapi membutuhkan waktu dalam pengembangannya.

Ketua panitia pelatihan komputer tersebut, Agus Uruiansyah mengatakan bahwa pelatihan ini diikuti sebanyak 90 peserta. Animo para guru untuk mengikuti pelatihan komputer ini cukup baik, terbukti mereka yang mendaftar cukup banyak sehingga panitia terpaksa membatasi pendaftar.

Comments