Diseleksi 43, Dikirim 10 Orang Untuk Ikuti Pelatihan Mekanik Alat Berat

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans) Berau menggelar seleksi 43 calon tenaga kerja lulusan SMA dan sederajat untuk mengikuti pelatihan mekanik alat berat di Samarinda pada Mei ini.

Dari puluhan calon peserta yang mendaftar itu, hanya 10 peserta yang akan dikirim. Oleh karena itu, pihaknya melakukan seleksi ketat. Pantauan harian ini pada hari pertama seleksi, sudah 14 peserta gugur. Mereka yang lolos akan mengikuti tes wawancara sebelum diputuskan 10 besar yang berhasil.

 “Ada tes tertulis dan tes wawancara. Tes ini berlangsung selama 3 hari. Peserta yang lulus akan diumumkan di Kantor Disnaketrans,” kata Kepala Disnaketrans Armyn Zulkiflie didampingi Ketua Panitia Pelaksana M Nasir.

Armyn mengharapkan, para peserta yang lulus nanti akan memiliki keterampilan bersaing dengan para calon pencari kerja lainnya. Mereka juga akan diprioritaskan apabila ada lowongan kerja pada perusahaan-perusahaan di Berau.

“Dengan dasar pelatihan di Samarinda tersebut, mereka bisa mengikuti magang di perusahaan di Berau, dengan upah paling tidak sesuai upah minimum provinsi,” ungkapnya.

Selain pelatihan mekanik alat berat itu, Disnakertrans juga akan mengadakan pelatihan kejuruan otomotif dan listrik industri yang akan dilaksanakan di Balikpapan pada Mei 2009 ini. Bagi warga Berau yang ingin mengikuti pelatihan tersebut, dapat mendaftarkan diri ke Disnaketrans dengan membawa ijazah SMA atau sederajat.

Kesempatan pelatihan tersebut hanya disediakan bagi 20 peserta yang berhasil melewati berbagai tes yang telah disediakan

Comments