Konsultasi Kebidanan & Kandungan

siang dok, ada yg mau sy tanyakan nih, skrg ini sy sdg hamil, kt dokter sy sih usianya baru dua bln, tp sy msh bingung sbnrnya bagaimana cara tepat menghitung usia kehamilan itu dok? siklus haid terakhir sy 15-22 januari 2009, apakah jenis makanan dan minuman yg dianjurkan pd usia kehamilan tsb? dua mgg ke belakang sy berhubungan intim dgn suami dgn posisi sy yg di bawah, ttp stlhnya sy mengalami mules, apakah itu dikarenakan posisi sy yg salah dan bgmn posisi berhubungan intim yg aman bagi janin pd saat usia kehamilan sy tsb? thanx atas infonya dok....n sy tunggu jwbn dr Dokter....( perempuan, 28 thn,155 cm,57 Kg)


Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang Anda ajukan :

1. Bagaimana cara tepat menghitung usia kehamilan itu dok? siklus haid terakhir sy 15-22 januari 2009

Cara tepat menghitung usia kehamilan hanya dapat dilakukan dengan pemeriksaan USG karena USG secara langsung menghitung pertumbuhan lingkar kepala, lingkar perut, dan panjang tungkai bawah pada janin untuk menghitung usia kehamilan. Perhitungan secara rumus hanya dapat dilakukan apabila Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur. Apabila siklus Anda teratur, maka menurut HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir), maka usia kandungan Anda memasuki minggu kehamilan 11-12 minggu.

2. Apakah jenis makanan dan minuman yg dianjurkan pd usia kehamilan tsb?

Nutrisi pada ibu hamil sebaiknya terdiri atas 4 sehat 5 sempurna dengan tambahan asam folat dan zat besi.

3. Dua mgg ke belakang sy berhubungan intim dgn suami dgn posisi sy yg di bawah, ttp stlhnya sy mengalami mules, apakah itu dikarenakan posisi sy yg salah dan bgmn posisi berhubungan intim yg aman bagi janin pd saat usia kehamilan sy tsb?

Berhubungan intim dapat dilakukan ketika hamil dengan cara yang aman.Pada wanita hamil dianjurkan melakukan hubungan intim dengan posisi wanita di atas (on top) terutama bagi mereka yang sedang hamil besar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi penekanan pada janin yang dikandung. Pada usia kehamilan seperti Anda, apapun gayanya diperbolehkan asalkan tidak diikuti dengan penekanan di daerah perut.

Informasi lain mengenai kehamilan dapat Anda peroleh melalui fitur Kalender Kehamilan pada halaman depan website kami dan juga tercakup dalam Rubrik Kehamilan dan Kandungan. Sekian, semoga membantu.

Terima kasih.

(dari Tim Redaksi Klikdokter)

Comments

  1. Siang dok. Saya mau tanya baiknya cek sel telur pada hari keberapa setelah haid? Terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan Masukan Komentar dangkita..

:::Cara mengirim komentar anda harus mempunyai account google atau url web/blog lainnya ( seperti wordpress, dll ).
:::Jika anda tidak memiliki account google atau url web/blog, maka anda dapat mengirimkan komentar anda dengan memilih pengguna "Anonymouse"