Jusuf SK: Seperti di Singapura

MANTAN wali kota Tarakan Jusuf SK mengakui kemegahan pasar induk Berau di Sei Buluh yang hampir rampung pembangunannya. Pasar itu diyakini bisa menjadi kiblat pembangunan pasar di Kalimantan Timur, bahkan Indonesia sekalipun. Dia bahkan tidak menyangka keindahan pasar induk itu, yang disebutnya bisa sebagus pasar di Singapura.

Pasar ini bisa menjadi contoh bagi pemerintah daerah dan bisa menjadi acuan pembangunan pasar. Karena di mana-mana kawasan pasar terlihat kumuh, kotor, rawan dan tidak aman. “Saya sudah keliling Indonesia, namun pasar Berau-lah yang terbaik,” ujarnya saat meninjau pasar induk. Kedatangan Jusuf merupakan ajang silaturahmi bersama Bupati Berau Makmur HAPK, dan Wakil Bupati Berau Ahmad Rifai serta Sekab Berau Ibnu Sina Asyari.

Dia juga berniat memberitahukan kemegahan pasar induk Berau kepada wali kota Tarakan, untuk segera melakukan kunjungan. Pasalnya, di Tarakan ada pasar tua yang berdiri sejak 1973, akan dibongkar dan diganti bangunan baru.

“Ini suatu karya besar bagi pemkab Berau dalam mewujudkan pasar tradisional berkonsep modern demi mensejahterakan masyarakat. Dia beranggapan pasar semegah ini seharusnya dibangun di sebuah negara yang sudah maju seperti Singapura. Bila Berau yang hanya sebuah kabupaten mampu mewujudkan pembangunan pasar termegah tersebut, perlu ditiru daerah lain manapun.

Comments