BLT Mulai Dibagikan, Maratua Pertama

Pembagian Bantuan Langusng Tunai (BLT) senilai Rp 100 ribu/bulan/ rumah tangga sasaran (RTS) tahun ini mulai dibagikan. Sasaran utama yang dibagikan adalah kecamatan paling jauh yakni Pulau Maratua dengan jumlah penerima BLT sebanyak 282 RTS. Pembagian dilakukan Kepala Pos Tanjung Redeb Kusmayadi di Balai Kecamatan Maratua, hanya diberikan untuk dua bulan bagi penerima BLT se-kabupaten Berau yang saat ini berjumlah 12.747 RTS.

"Karena tahun ini hanya untuk dua bulan, pembagiannya mungkin akan dilakukan dalam satu tahap saja, dan untuk pembagian RTS selanjutnya kemungkinan akan dilaksanakan usai Pemilu dilaksanakan," ujar Kusmayadi.

Penyaluran bantuan ditujukan mempertahankan daya beli masyarakat miskin itu dilakukan setelah pemerintah mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak. Ia juga menambahkan, untuk mekanisme penerimaan BLT tahap pertama tahun 2009 ini tidak menggunakan kartu BLT, akan tetapi penyalurannya sesuai dengan daftar data pencairan BLT tahun 2008 lalu.

Sehingga RTS yang berhak menerima BLT ini hanya datang membawa fotokopi KTP atau surat kuasa untuk orang yang akan mengambil dana BLTnya. Mereka yang tidak bisa memperlihatkan KTP, diperbolehkan meminta surat keterangan miskin dari kelurahan atau kepala kampung sesuai dengan daftar nama pencairan BLT 2008 lalu.

“Karena jika tidak membawa surat keterangan tersebut dan KTP maka mereka tidak akan dilayani,” imbuhnya.

Pembagian dana BLT untuk kecamatan lainnya akan menyusul setelah Pemilu 2009 ini. Tahap lanjutan yang akan menerima BLT adalah Kecamatan Tanjung Redeb, Sambaliung, Gunung Tabur, dan Teluk Bayur. Setelah itu barulah dilakukan di wilayah pesisir pantai dan daerah pedalaman.

Comments