Bilik Suara Terlalu Kecil

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau meninjau kesiapan pelaksanaan Pemilu di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS), sore kemarin. Bupati Berau Makmur HAPK, Wakil Bupati A Rifai, Sekretaris Kabupaten Berau Ibnu Sina Asyari dan sejumlah pejabat Pemkab Berau ikut serta dalam peninjauan kemarin. Tak ketinggalan ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Berau Ira Puspita dan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Berau Helda Mildiana.

Lokasi pertama yang ditinjau rombongan adalah di TPS 5 Kecamatan Sambaliung. TPS yang berlokasi di depan rumah ketua RT 03 itu terdapat 345 pemilih. Pada kesempatan itu, Bupati dan Wakil Bupati menyoal bilik suara yang terlalu sempit, sementara kertas suara cukup lebar. Sehingga dikhawatirkan kertas suara mengalami kerusakan ketika pemilih melakukan hak pilihnya.

“Tolong diingatkan dan diperhatikan. Jangan sampai nanti suaranya tidak sah hanya gara-gara kertas suara robek karena tersangkut bilik suara,” sebut Makmur. Menjawab itu, Ketua KPUD Berau Ira Puspita menyampaikan bahwa seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Kelompok Pelaksana Pemungutan Suara (KPPS) sudah diingatkan agar pemilih berhati-hati. Jika ada kertas suara yang rusak akan diganti terlebih dahulu agar suara yang tidak sah, bisa diminimalkan.

Bupati dan rombongan juga sempat meninjau TPS 4 di Kelurahan Bugis Kecamatan Tanjung Redeb. TPS ini memiliki tenda tak ubahnya seperti warga yang sedang memiliki hajat pernikahan. Tenda yang digunakan juga dihiasi kain berwarna merah menyala, tak lupa disiapkan televisi dan VCD player dan seperangkat sound system untuk karaoke, sebagai sarana menghibur warga. Selain di Sambaliung dan Tanjung Redeb, Bupati dan rombongan juga berkesempatan meninjau sejumlah TPS di Teluk Bayur dan Gunung Tabur.

Comments