Penguasaan Komputer Tak Bisa Ditunda Lagi

Pemanfaatan teknologi informasi saat ini tidak dapat ditawar lagi. Jika para guru tidak ingin ketinggalan kualitas pendidikannya dibanding daerah lainnya, jangan malu belajar kepada siapapun. Sekalipun kepada orang lebih muda. Kemajuan yang telah dicapai JIS (Jaringan Informasi Sekolah) Pontianak yang signifikan dan sudah demikian maju. Misalnya segala informasi sekolah, nilai siswa, dan sebagainya kini bisa diakses melalui internet.

Hal itu dikatakan Camat Teluk Bayur Warji, pada pembukaan Diklat Kepala Sekolah, Guru, Tata Usaha SD Negeri Wilayah Teluk Bayur dan Tasuk yang dibuka Senin (2/3) di kantor sekertariat KNPI Teluk Bayur. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara KNPI Teluk Bayur dengan PT Berau Coal. Hadir dalam kegiatan tersebut Deputy Director Corp Support PT Berau Coal I Made Seroja, Ketua KNPI Teluk Bayur Edy Jumantara, anggota KNPI Teluk Bayur, para peserta Diklat berjumlah 16 orang.

Menurut Warji, awalnya komputer dititikberatkan pada proses pengolahan data, tetapi karena teknologi yang sangat pesat, saat ini teknologi komputer sudah menjadi sarana informasi dan pendidikan khususnya teknologi internet. Dalam hal pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses belajar mengajar baik untuk guru maupun siswa yang mempunyai fungsi sebagai media tutorial, alat peraga dan juga alat uji. Di mana setiap fungsi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Sebagai media tutorial, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa atau anak. Tetapi interaksi komputer dengan manusia belum dapat menggantikan interaksi manusia dengan manusia, selain itu mempunyai kelemahan yaitu kemauan belajar mandiri yang masih rendah.
Ketua KNPI Edy Jumantara menambahkan, KNPI Teluk Bayur akan mengelola pusat pelatihan bagi para remaja terutama para pelajar dan anak muda di Teluk Bayur. Salah satu pengelolaan tersebut adalah pengelolaan sablon, dan perpustakaan, serta pelatihan menjahit bagi kalangan remaja putri

Comments