MTQ Kabupaten Diundur 13 April

Rencana pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran ke-42 tingkat Kabupaten Berau yang sebelumnya dijadwalkan 9–12 April diundur menjadi 13-17 April. Kesepakatan LPTQ Berau bersama panitia ini untuk menghindari bentrokan dengan jadwal pelaksanaan Pemilu.

Ketua LPTQ Berau Ibnu Sina Asyari mengatakan, MTQ tingkat Kabupaten Berau terpaksa ditunda, karena bersamaan dengan pelaksanaan Pemilu. Bantuan Pemkab Berau untuk pendanaan MTQ itu Rp 500 juta dan memberikan dukungan lainnya yang akan digunakan pada persiapan pembukaan MTQ selama 1 minggu.

Camat Teluk Bayur Warji menambahkan, Teluk Bayur selaku tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-42 tingkat Kabupaten Berau terus melakukan pembenahan. Misalnya penyiapan 18 rumah yang nantinya digunakan kafilah dan dewan hakim selama pelaksanaan MTQ di Teluk Bayur.

Warji juga mengatakan, untuk lahan 1 hektare yang disiapkan untuk kegiatan MTQ saat ini sudah pematangan lahan, karena cuaca masih hujan, sehingga kondisi lahan masih basah. Sedangkan untuk pemasangan tenda MTQ masih dikerjakan. Ini juga sering terkendala hujan.

Sebagai tuan rumah, kata Warji, pihaknya sangat siap, karena setiap kecamatan semuanya sudah melaksanakan termasuk Kecamatan Segah yang telah menjadi tuan rumah tahun lalu. Untuk listrik pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak PLN Berau, karena jangan sampai pembukaan dimulai, terjadi pemandangan yang kurang menyenangkan.

Sedangkan untuk persiapan air minum dan mandi para kafilah nanti, pihaknya sudah menyiapkan 1 unit kendaraan PDAM untuk suplai air ke rumah warga yang digunakan para kafilah dan dewan hakim untuk menginap.

Ia menambahkan, untuk kegiatan MTQ ini, pihaknya akan menurunkan 29 orang lengkap dengan tim pelatih terutama untuk pembacaan tilawah dan kaligrafi yang menjadi andalan Teluk Bayur. Untuk tahun ini, panitia hanya memperlombakan 24 cabang MTQ dan dua cabang lainnya yakni Tahfiz 30 Juz dan Qiraat Sabaah tidak diperlombakan.

Comments