Mengisi Hari Libur

TERIK matahari bukan menjadi penghalang untuk mengisi hari libur dengan cara memancing, di ibu kota Berau, tepatnya di bibir Sungi Segah, di Jalan Pulau Sambit Tanjung Redeb. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak hingga ibu rumah tangga pun turut memadati bibir Sungai Segah yang diturap beton tersebut.

Di kawasan itu diyakini sebagai tempat berkumpulnya ikan, dengan hanya memancing selama dua jam mereka mampu menghasilkan 2 sampai 2,5 kilogram ikan nila. Umpan pancingnya pun tidak seperti biasanya, menggunakan cacing. Namun, mereka hanya mengkaitkan lumut di mata pancingnya yang dilengkapi alat pelampung dengan seutas nilon. Hasilnya, ikan yang didapatkan cukup bervariasi. Ada seukuran tiga jari orang dewasa, ada juga yang beratnya mencapai setengah kilogram per ekor.

Namun, tidak semua pemancing bisa mendapatkan ikan banyak. Tergantung usaha dan rezeki masing-masing. Bahkan, ada juga yang tidak menghasilkan apa-apa, karena umpan yang digunakan tidak sesuai selera ikan. Para pemancing itu juga turut menjadi perhatian warga lainnya, yang melintasi Jalan Pulau Sambit. Sejumlah warga menyaksikannya dari atas jembatan yang membelah anak Sungai Segah tersebut.

Comments