Kawasan Kelay dan Segah Dipertahankan

PEMERINTAH daerah mengadakan pertemuan dengan The Nature Conservancy (TNC) untuk membahas kualitas lingkungan di kawasan Kelay dan Segah. Kawasan itu akan dipertahankan untuk dijadikan sebagai kawasan hutan lestari. “Di kawasan itu akan kita pertahankan, demi kepentingan anak cucu kita,” kata Bupati Berau Makmur HAPK.

Dia sudah merasakan betapa indahnya di kawasan pedalaman itu, selain lingkungannya baik juga menjadi daya tarik tersendiri bila dijadikan sebagai objek wisata alam. Keseriusan Pemkab Berau untuk tetap menjaga kelestarian hutan di kawasan pedalaman itu, dibuktikan dengan melarang adanya kegiatan penambangan di kawasan tersebut. “Ini komitmen pemerintah daerah. Mudah-mudahan TNC bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar pedalaman tersebut,” tandas Makmur. TNC juga diharapkan membantu sejahterakan masyarakat pedalaman, dengan memberikan ide-ide untuk mendorong berjalannya roda ekonomi yang baik, melalui pemanfaatan sumber daya alam di kawasan tersebut.

Dicky Simorangkir, direktur Terrestrial Indonesia menyampaikan, program konservasi yang dilakukan TNC bukan semata berfokus pada konservasi keanekaragaman hayati dan ekosistem, tetapi mengedepankan aspek manusia yang menjadi faktor penentu keberhasilan program. Konservasi dalam konteks ini adalah konservasi yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu kehidupan dan kesejahteran masyarakat, khususnya warga lokal sebagai pengguna langsung dari hasil hutan. TNC bekerja di Kecamatan Segah dan Kecamatan Kelay dengan berbagai mitra lokal selama kurun waktu 8 tahun, dan telah berupaya mengembangkan program ekonomi kerakyatan agar memiliki kemampuan mengembangkan potensi sumber daya alam.

Pekerjaan konservasi tidak bisa dilakukan secara parsial dan sektoral, konservasi memerlukan kemitraan luas. Pemerintah sebagai pengambil kebijakan, masyarakat lokal sebagai pengguna langsung sumberdaya hutan dan perusahaan pemegang izin konsesi HPH sebagai pengelola hasil hutan berupa kayu. “Bermitra dengan masyarakat adalah kunci sukses pekerjaan konservasi yang dilakukan di Berau, komitmen dan dedikasi yang tinggi dari staf di lapangan telah membangun konstituen konservasi yang kuat di level masyarakat bawah,” katanya.

Comments