Budidaya Ikan Mas Meningkat

Program pembinaan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) selama ini tidak sia-sia, terutama bagi pengusaha keramba. Terbukti dengan bantuan melalui APBD 2007 hingga 2008, sejumlah warga berhasil mengembangkan budidaya ikan air tawar tersebut. Khsusnya warga di Singkuang Kecamatan Tanjung Redeb. Salah satunya kelompok tani binaan Andi Kaharuddin, yang juga membuka warung makan dari hasil keramba miliknya.

Kaharuddin mengatakan, bantuan yang diberikan DPK untuk kelompok petambak ini sangat besar manfaatnya bagi anggota. Saat ini sudah 32 orang anggotanya mendapatkan keramba untuk membudidayakan ikan mas, lengkap dengan benih ikan serta pakannya. Hasil yang didapatkan juga cukup lumayan, terutama mereka yang tidak mempunyai pekerjaan tetap, setiap hari mengontrol pakan dan perkembangan ikan. Setiap orang mendapatkan sekitar 1.000 benih ikan untuk dipelihara ditambah pemberian pakan dan vitamin, agar ikan tersebut sehat dan tumbuh besar.

Budidaya tambak ikan ini sangat besar manfaatnya dan mempunyai masa depan yang cerah tergantung orang yang mempunyai keinginan berusaha. Usaha ternak ikan mas yang digelutinya ini baru berjalan selama satu tahun, dan hasil yang didapatkan juga cukup lumayan. ”Lumayan untuk tambah penghasilan saya sebagai karyawan di RSUD Abdul Rivai,” katanya. Selain itu, warung yang dikembangkannya terus berkembang.

Comments