Pangdam Resmikan Markas Yon Armed 18/105

MARKAS pertahanan Batalyon Armed 18/105 hari ini (16/2) diresmikan Pangdam VI Tanjung Pura Mayjen TNI Tono Suratman.

Kemarin (15/2), Pangdam Tono Suratman tiba bersama rombongan di Bandara Kalimarau Berau menggunakan pesawat Batavia Air yang disambut Bupati Berau Makmur HAPK, Dandim 0902/TRD Andi Muhammad, serta Wakil Ketua DPRD Berau Kamrani Umar.

Tak ada acara khusus dalam penyambutan orang nomor satu jajaran TNI di Kalimantan itu. Setelah dijemput dari apron, Pangdam di dampingi Danrem 091/ASN Kol Inf Ibrahim Saleh berbincang-bincang santai dengan Bupati Berau Makmur HAPK di Ruang VIP bandara tersebut.

Sore harinya, Pangdam dan rombongan mengikuti pertandingan olahraga persahabatan.

Selain itu, Pangdam hari ini juga dijadwalkan meresmikan markas pertahanan Yon Armed 18/105. Markas TNI ini sengaja di bangun untuk pengamanan wilayah Kaltim bagian utara.

Markas Yon Armed 18/105 itu berdiri di lahan 100 hektare di Labanan, Kecamatan Teluk Bayur. Keberadaan Yon Armed tersebut dilengkapi 500 pasukan siap tempur.

Selain markas TNI itu, di Berau juga telah direncanakan pembangunan markas Brimob untuk memperkuat pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Dandim 0902/TRD, Andi Muhammad, keberadaan Yon Armed di Berau sangatlah strategis untuk menjaga wilayah Kaltim bagian utara.

Langkah ini salah satu upaya untuk menjaga ancaman dari berbagai situasi yang dapat dimanfaatkan negara asing maupun pemberontak. Keberadaan Yon Armed juga difungsikan untuk melakukan pembinaan terhadap warga dalam menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI.

Comments