Juli, Diperkirakan NIP CPNS Diserahkan

Pihak Badan Kepegawaian dan Pendidikan Latihan Berau menyebutkan, berkas peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi umum 2008 yang lulus telah selesai dilakukan.

Dalam waktu dekat ini akan segera disampaikan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltim dan selanjutnya diserahkan ke BKN untuk diproses lebih lanjut.

Setelah selesai dilakukan proses oleh BKN, maka nomor induk pegawai (NIP) formasi umum 2008 akan segera keluar dan diserahkan kepada Badan Kepegawaian dan Diklat Berau. “Kami sudah selesai lakukan pemberkasan. Insya Allah dalam waktu dekat sambil menunggu anggaran akan kami sampaikan kepada BKD provinsi,” kata Sekretaris Badan Kepegawaian dan Diklat Berau Didi Rahmadi, pekan kemarin.

Disampaikan Didi, semua berkas CPNS formasi umum 2008 telah dilengkapi oleh peserta seleksi yang dinyatakan lulus. Dalam verifikasi berkas yang dilakukan pihaknya, tidak ditemukan adanya indikasi pelanggaran. Berdasarkan verifikasi surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) pun kata Didi, tidak ada peserta seleksi CPNS formasi umum 2008 yang dinyatakan lulus yang terlibat tindak pidana.

“Kalau ada informasi yang lulus seleksi CPNS terindikasi melakukan pelanggaran silahkan sampaikan kepada kami. Kami akan menindaklanjutinya,” kata Didi.

Didi juga menambahkan, pihaknya sejauh ini tidak ada menemukan peserta seleksi CPNS yang dinyatakan lulus terlibat sebagai anggota partai politik (parpol) maupun yang terlibat sebagai calon anggota legislatif (caleg) 2009.

Bahkan tidak ada pula laporan yang diterima pihaknya, bahwa mereka yang dinyatakan lulus sebagai CPNS formasi umum 2008 terlibat sebagai anggota parpol atau caleg.

Ditanya kapan NIP CPNS formasi umum 2008 bisa segera diserahkan, Didi belum bisa memastikan. Karena kata dia, keluarnya NIP dari BKN diperlukan waktu beberapa lama. Namun dirinya memperkirakan NIP bisa diserahkan kepada CPNS formasi umum 2008 sekitar Juni atau Juli mendatang.

“Berdasarkan pengalaman sebelum-sebelumnya, keluarnya NIP dari BKN memerlukan waktu beberapa bulan. Karena berkas akan diperiksa lagi oleh BKN,” jelas Didi.

Setelah pihaknya menerima NIP dari BKN melalui BKD provinsi jelas Didi lebih lanjut, maka akan segera dibuatkan surat keputusan (SK) bupati, dan CPNS selanjutnya akan mengikuti prajabatan sebagai persyaratan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Berdasarkan informasi yang diterima Radar Tarakan, penetapan NIP peserta yang lulus dalam tes CPNS formasi umum 2008 tidak membutuhkan waktu lama. Diperkirakan hanya membutuhkan waktu tiga bulan. Pasalnya, dalam proses penetapan tersebut, berkas yang diperiksa oleh BKN hanya berkas formasi umum yang tidak terlalu banyak kelengkapannya.

Sekadar mengingatkan, jumlah pelamar CPNS formasi umum 2008 di Berau sebanyak 1.063 orang. Sedangkan kuota yang didapat sebanyak 321 formasi, yang terdiri dari 217 formasi tenaga guru, 60 tenaga kesehatan dan 44 tenaga teknis. Dari 1.063 pelamar, formasi tenaga teknis paling banyak pelamarnya, yakni sebanyak 621 pelamar, tenaga pendidikan sebanyak 277 pelamar dan tenaga kesehatan sebanyak 165 pelamar.

Comments