BMG Ingatkan Nelayan Waspada Saat Melaut

Kepala Kantor Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Bandara Kalimarau Sudiono menyebutkan, ketinggian gelombang air laut di perairan Berau diperkirakan berkisar antara 0 hingga 2,5 meter.

Karena itu, BMG mengimbau para nelayan agar tetap waspada dan berhati-hati saat melaut. Dikatakan, untuk saat ini memang perkirakan cuaca di Berau relatif normal. Namun, gelombang laut di perairan Berau bisa saja berubah dikarenakan cuaca angin yang disertai kecepatan angin rata-rata antara 5 hingga 15 knot, hujan antara 0 hingga 30 milimeter.

“Dengan langit berawan banyak berpeluang untuk terciptanya hujan, dan mulai pagi hari, hujan yang melanda di Berau hanya gerimis, dan itu bisa bertahan hingga satu hari, bisa juga jika cuaca panas tinggi, pada malam harinya akan terjadi hujan,” jelasnya.

Ditambahkan, untuk arah angin dari utara ke barat di atas permukaan kecepatannya mencapai 5 hingga 25 knot. Di Selat Makassar dari arah selatan ke barat arah kecepatan angin mencapai 5 hingga 30 knot, keadaan cuaca berawan dan bisa menimbulkan hujan. Tinggi gelombang mencapai 1,8 meter hingga 3 meter.

Dengan adanya perkiraan cuaca tersebut, Sudiono berharap nelayan di daerah tetap berhati-hati, terutama nelayan yang menggunakan kapal kecil. “Kami berharap agar nelayan tetap berhati-hati melaut, karena gelombang tinggi yang terjadi di Selat Makassar dan perairan Berau mencapai 0 hingga 2,5 meter,” ujarnya.

Imbauan juga ditujukan kepada nelayan khususnya di Talisayan maupun Biduk-biduk yang berdekatan dengan Selat Makassar.

Comments

  1. salam kenal dari Kota Raja Tenggarong Kukar.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan Masukan Komentar dangkita..

:::Cara mengirim komentar anda harus mempunyai account google atau url web/blog lainnya ( seperti wordpress, dll ).
:::Jika anda tidak memiliki account google atau url web/blog, maka anda dapat mengirimkan komentar anda dengan memilih pengguna "Anonymouse"