MUTASI JABATAN DILINGKUNGAN PEMKAB BERAU

jbattasiGerbong mutasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Berau kembali bergulir di awal tahun 2008. Tercatat puluhan pejabat eselon dimutasi untuk menempati jabatan barunya yang telah disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah (PP) 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, di gedung Balai Mufakat Kamis Pagi


Bupati Berau H Makmur HAPK mengatakan, mutasi di lingkungan Pemkab Berau bukanlah suatu hal yang baru, tetapi merupakan suatu proses dinamika bagi perjalanan karier seorang pegawai negeri sipil (PNS).


“Sejalan dengan itu, diharapkan tidak lagi ada pikiran-pikiran yang menyatakan puas atau tidak puas. Tetapi bagaimana upaya yang harus dilakukan untuk bersinergi dalam menghadapi tugas-tugas selaku pelayan masyarakat,” imbau bupati.


Dirinya juga mengajak semua pejabat, baik eselon III maupun eselon IV untuk saling bahu-membahu merumuskan pemikiran secara kensepsional dalam bentuk kegiatan nyata. Sehingga dapat menjawab segala kekurangan dan kelemahan yang dimiliki pemerintah saat ini.


Terutama yang telah menjadi komitmen kita bersama. Masalah kemiskinan dan kebodohan yang masih saja ada,” kata bupati. Bupati mengatakan, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bagi para pejabat yang dilantik untuk menempati jabatan barunya. Beberapa hal tersebut adalah, pejabat baru disamping harus dapat melanjutkan kebijakan, kepemimpinan dan kerja sama yang telah terbina dengan baik, juga harus mampu mengembangkannya.


Pengembangan itu mutlak dilakukan, karena masyarakat yang memerlukan pelayanan juga berkembang cepat dalam aspirasi dan tuntutannya. Pengembangan juga tidak boleh keluar dari kebijakan umum yang digariskan.


Dirinya mengingatkan, para pejabat harus memupuk dan meningkatkan kualitas kepemimpinannya, termasuk kehandalan sebagai suri tauladan khususnya bagi bawahannya. “Pribadi dan kepribadian seorang pemimpin hendaknya menjadi modal bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia aparatur yang bersangkutan. Setiap pejabat pun hendaknya lebih mengikat diri pada perencanaan yang matang dan akurat dalam melaksanakan setiap pekerjaannya.


Jabatan yang diberikan merupakan kepercayaan dari pimpinan dan tugas yang diberikan memang berat. Tapi itu merupakan amanah yang harus dilaksanakan,” tegasnya.



Diakhir sambutannya Bupati berpesan “Saya juga berharap dengan duduknya pejabat-pejabat eselon yang dilantik hari ini, dapat menjadi tim yang kompak dan kuat. Mari bersama-sama membangun negeri dengan tidak mengabaikan peran pihak lainnya yang juga banyak memberikan partisipasinya di tengah-tengah masyarakat.

Comments