BNI Tanam 150 Pohon

Berdasarkan surat edaran Menteri BUMN Nomor SE.18/MBU/2008, seluruh jajaran badan usaha milik negara (BUMN) diwajibkan untuk melakukan penanaman pohon yang diyakini bermanfaat bagi kelestarian lingkungan.


Untuk itu, PT BNI (Persero) Tbk cabang Tanjung Redeb melakukan penanaman pohon di lokasi Pondok Pesantren Al Ikhsan Kamis (8/1).


Menurut Sutrisno, kepala cabang PT BNI Tanjung Redeb, akibat dari aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab, lingkungan hidup tidak mampu lagi melakukan proses peremajaan, sehingga yang tersisa hanya bencana.


“Kita kerap dihibur dengan berita kekeringan, banjir, tanah longsor, krisis pangan dan pemanasan global. Sudah semestinya rangkaian bencana itu menjadi peringatan dan pelajaran bagi kita untuk kembali menjaga kelestarian alam,” ujar Sutrisno.


Dirinya juga mengatakan, Indonesia yang merupakan salah satu negara yang memiliki hutan tropis terbesar di dunia dan menjadi tumpuan manusia, saat ini pun sudah sangat ironis. Karena kerusakan lingkungan di Indonesia pun sudah masuk dalam kategori sangat parah. Laju pengundulan hutan kata dia, jauh melebihi jumlah penanaman baru setiap tahunnya.


“Tidak dapat dibayangkan apa jadinya jika tumpuan harapan manusia juga ikut hancur,” kata Sutrisno.


“Oleh karena itu, marilah kita memulai untuk melakukan aksi penanaman untuk kelestarian lingkungan. Kita belum terlambat! Melalui momentum kegiatan penanaman pohon ini, kami ingin menggugah semua pihak untuk aktif menjaga kelestarian lingkungan,” sambungnya.


Sementara itu, Asisten II Pemkab Berau H Ahmad Delmy pun mengakui, jika kerusakan lingkungan akan menyebabkan musibah bagi manusia. “Untuk itu marilah kita mencegahnya dengan budayakan penanaman pohon,” ajak Delmy.


Dikatakannya, tanpa tanaman, makhluk hidup tidak akan bisa hidup. “Karena itulah tanaman itu sangat penting,” tandasnya.


Disebutkannya, di Indonesia saat ini kerusakan hutan telah mencapai 2 juta hektare per hari. Data tersebut menunjukkan bahwa upaya menjaga kelestarian lingkungan masih sangat minim.


“Tapi kita masih beruntung, karena di Berau hutan kita masih relatif baik. Bahkan dengan komitmen pemerintah daerah menjaga kelestarian lingkungan, kita berhasil dianugerahi penghargaan dari kementerian lingkungan hidup,” ujar Delmy.


Delmy juga mengatakan, pentingnya melakukan penanaman pohon, selain untuk mencegah terjadinya bencana banjir atau tanah longsor, juga akan mengurangi pemanasan global yang telah terjadi saat ini.

Comments