Satu Malam, 2 Kebakaran

Kebakaran terjadi dua kali dalam satu malam di wilayah Kecamatan Tanjung Redeb, Minggu (19/10). Dari kejadian tersebut, 6 unit rumah beserta isinya habis terbakar. Total kerugian mencapai ratusan juta.


Kejadian pertama terjadi di Jalan Bedungun sekitar pukul 20.00 Wita, menghanguskan 3 unit rumah milik Hengky, Peter, dan Muslimin. Menurut keterangan sejumlah warga di Jalan Bedungun, kejadian kebakaran yang diduga bermula dari rumah Hengky. Saat itu, Jalan Bedungun mendapatkan giliran pemadaman lampu dan ketiga rumah yang ada di sana dalam keadaan kosong.


“Penghuni rumahnya tidak ada. Mereka pergi ke rumah sakit, dan ketika terjadi kebakaran tak satupun barang yang ada di dalam rumah bisa diselamatkan, termasuk satu unit sepeda motor,” jelas Sudirman, salah warga yang melihat pertama kali terjadinya kebakaran di Jalan Bedungun.


Sekitar 5 jam kemudian atau pada pukul 01.45 kebakaran juga melanda Jalan Kampung Bugis, Yos Sudarso, dengan menghabiskan 3 unit rumah.


Warga yang sudah tertidur lelap dikejutkan dengan adanya suara minta tolong dari rumah Hasan. Rumah Hasan inilah yang pertama terbakar kemudian menjalar dan menghanguskan rumah lainnya, yakni, milik Andi dan Hamzah.


Sebelum mobil pemadam datang, terlebih dulu warga yang ada di sekitar mencoba memadamkan api dengan menggunakan air dari sungai dan dari rumah warga. Tetapi karena api yang menyala begitu besar, usaha warga memadamkan api sia-sia. Untungnya, 6 unit mobil pemadam segera tiba di lokasi sehingga api tidak sempat melebar ke rumah warga lainnya.


“Untunglah kendaraan pemadam tiba dengan cepat, sehingga api tidak sempat menyebar ke rumah lainnya. Soalnya, kondisi perumahaan yang ada di kampung Bugis Yos Sudarso begitu padat, jika saja kendaraan pemadam terlambat, otomatis rumah warga lainnya bisa terbakar,” jelas Suparman.


Secara terpisah, Kapolres Berau AKBP A Rafik yang ditemui mengatakan, penyebab terjadinya kebakaran di Jalan Bedungun masih dalam penyelidikan anggota Polres.


Sedangkan, penyebab kebakaran di Jl Kampung Bugis Yos Sudarso, menurut keterangan salah seorang saksi, diduga dari genset. Pada saat itu terjadi pemadaman lampu bergilir, pemilik rumah lalu menghidupkan genset. Ketika lampu PLN menyala, kabel genset yang terpasang lupa dicabut sehingganya terjadi arus pendek dan terbakar.

Comments