Minggu Ketiga Juni, Kartu BLT Dibagikan

Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diprogramkan pemerintah Pusat dalam waktu dekat ini akan digulirkan kepada warga tidak mampu. Data terakhir sebanyak 13.018 jiwa yang berhak mendapatkan BLT dari hasil pendataan Instansi terkait dan hasil penyaluran dari PT Pos Indonesia Tanjung Redeb, sebagai penyalur BLT kepada warga. “Saat ini kartu penerima BLT masih dalam proses di Pemerintah Pusat dan diperkirakan kartu tersebut akan didistribusikan ke kecamatan sekitar minggu ke tiga bulan Juni,”jelas Kepala Kantor Pos Tanjung Redeb,Kusmayadi.


Selama dua tahun melakukan penyaluran BLT, petugas kantor pos tidak pernah menemukan satu kendala apa pun. Hanya dana yang disalurkan melalui Pusat sering terlambat sehingga warga yang mendengar di media elektronik dan media cetak tentang penyaluran BLT langsung menyerbu Kantor Pos.


Karena itu, diharapkan warga yang nantinya mendapatkan kartu pengambilan dana BLT dapat bersabar dan menunggu pihak kecamatan untuk pemberitahuan pengambilan BLT. “Pengambilan dana BLT di Kantor Pos akan menangani 4 kecamatan kota, seperti Tanjung Redeb, Sambaliung, Teluk Bayur, dan Gunung Tabur. Sedangkan untuk kecamatan lain, petugas Kantor Pos akan mendatangi kantor kecamatan dan melakukan pembayaran setelah semua kampung telah ada pemberitahuan dari pegawai kecamatan,”jelas Kusmayadi.


Ia menambahkan, pembayaran dana BLT di setiap kecamatan terjauh akan dijadwalkan. Karena jika tidak terjadwal, petugas pos kewalahan melakukan pembayaran. Diharapkan, warga penerima BLT dapat bersabar, karena jumlah petugas pos terbatas, sehingga akan dibantu oleh pegawai kecamatan untuk melakukan pendataan kepada warga yang sudah terdaftar sebagai penerima BLT.


Jumlah penerima BLT yang didapatkan dari Kantor Pusat melalui Badan Pusat Statistik Berau sejumlah 13.018 jiwa. Penerima BLT yang berhak inilah yang nantinya mendapatkan hak penerima BLT. “Kami hanya melakukan pembayaran kepada warga yang berhak menerima BLT dan sudah terdaftar namanya,” ujarnya.


Diperkirakan akhir Juni, wilayah perkotaan, yakni Kecamatan Tanjung Redeb sudah mendapatkan kartu penerima BLT dan dana BLT selama 3 bulan sebesar Rp 300 ribu per jiwa dapat diambil langsung di Kantor Pos Tanjung Redeb.

Comments