Siap Pertahankan Juara Umum

Para peserta kafilah Berau yang akan berangkat bertanding di Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Provinsi Kaltim di Penajam Paser Utara (PPU) minggu pertama Mei 2008 mendatang, terus dipersiapkan.

Persiapan yang dilakukan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) adalah memberikan bimbingan kepada peserta agar gelar juara umum dapat kembali dipertahankan untuk ketigakalinya, sehingga piala tersebut dapat menjadi piala tetap.

Kepala Kantor Departemen Agama Berau yang juga Ketua Harian I LPTQ Berau Busransyah mengatakan, berbagai persiapan dilakukan pengurus MTQ tingkat Provinsi Kaltim diantaranya para kafilah yang telah menjadi juara I pada perlombaan MTQ tingkat kabupaten akan menjalani masa karantina dan mendapatkan bimbingan super ketat dari panitia. Mereka juga menerima pelajaran dari para pengurus MTQ dan pengurus LPTQ tentang cara membaca tilawah dengan benar.

Agar mereka tidak membolos sekolah, para pengurus akan membuatkan dispensasi ke sekolah masing-masing. Ini dilakukan karena Mei mendatang para kafilah yang masih berstatus pelajar akan mengikuti ujian baik itu untuk tingkat SD, SMP maupun SMA.

“Kami sudah menghubungi pihak sekolah, hal ini dilakukan agar para kafilah yang masih status pelajar tidak terlalu khawatir tentang mengikuti ujian. Oleh sebab itu para kafilah yang masih pelajar tidak terlalu terbebani, karena pada karantina nanti, mereka tetap dibolehkan membawa buku pelajarannya,” jelas Busransyah.

Untuk tahap awal ini semua kafilah yang akan dipersiapkan untuk berlomba MTQ tingkat Provinsi Kaltim di PPU nanti, sudah terdata panitia MTQ dan para pengurus LPTQ Berau. Setelah akan mendapatkan pengetahuan tentang pembacaan tilawah, tahfis, pembuatan kaligrafi, serta penghapalan Juz 10 hingga Juz 30.

Ia juga berharap gelar juara umum dapat kembali dipertahankan para kafilah yang nantinya mewakili Berau, karena pada perlombaan MTQ kali ini, semua peserta yang datang dari 13 kabupaten dan kota nantinya juga ingin menjadi juara.

Comments