Ikuti Rainas IX 2008

SEBANYAK 20 anggota Pramuka Kwarcab Berau terpilih mewakili daerah ini pada Raimuna Nasional (Rainas) IX, 27 Juni 2008 hingga 7 Juli 2008 di Cibubur Jakarta. Sebelum diberangkatkan, terlebih dahulu mengikuti Training Center (TC) di aula sekertariat Kwarcab Berau di Jl Cendana. Kegiatan TC ini dititikberatkan pada pertahanan fisik (kesamaptaan) ilmu pengetahuan, kepramukaan, keterampilan, dan seni budaya.

Ketua Kwarcab Berau Mansyah Kelana mengharapkan yang terpilih mengikuti Rainas IX di Cibubur Jakarta, dapat menjaga kesehatan, ketertiban, menjalin rasa persaudaraan, kekompakan, persatuan dan kesatuan.


"Saya harapkan yang akan mengikuti Rainas, benar-benar mengikuti TC ini dengan baik. Agar yang berangkat dapat memberikan pengalamannya kepada anggota lainnya yang tidak ikut pada Rainas tersebut," sebutnya.


Mansyah mengatakan, selama 1 minggu peserta akan dilatih. Mereka dibekali ilmu khususnya ilmu kedisiplinan dan seni budaya yang perlu mereka pelajari, karena di Rainas nanti, akan mengikuti berbagai perlombaan yang telah disiapkan terutama menjajal lintas alam.


Ketua I Kwarcab Berau Thamrin Arna mengatakan, TC yang diadakan ini selama 1 bulan, agar benar-benar siap diberangkatkan. Karena jika mereka tidak siap untuk berangkat, dapat digantikan dengan yang lain

Comments

  1. bisa bantu info soal berau?

    ReplyDelete
  2. yups... info apa nih??

    ReplyDelete
  3. Menurut pengalaman seorang teman dari Bandung Kabupaten Berau secara biofisik merupakan daerah yang sangat istimewa. Keistimewaan tersebut sangat jarang atau mungkin tidak dimiliki oleh kabupaten lainnya di kalimantan timur. Pada tahun 2004 dia meninggalkan kabupaten Berau dengan sejuta temuannya yang cukup memberikan kesan buat dirinya sendiri.

    Pada saat berbagi pengalaman dia meceritakan hal-hal yang istimewa tersebut, diantaranya:

    1. Sampai saat ini kabupaten Berau masih mempunyai hutan yang cukup baik, menurut data citra landsat tahun 2004 adalah satu-satunya kabupaten di Kaltim yang mempunyai hutan dari dataran tinggi sampai ke tepi pantai(Long sului-tanjung mangkalihat), belum terputus. Ini adalah paru-paru penyelamat umat manusia yang cukup besar.

    2. Kabupaten Berau terletak didalam 2 daerah aliran sungai DAS besar (das segah dan das Kelai) dan kedua sungai tersebut bertemu dikota Tanjung Redeb (ibukota kabupaten Berau). Seandainya kedua DAS tersebut rusak, maka penduduk Tanjung redem akan kebanjiran

    3 Kabupaten Berau mempunyai pegunungan Kars (kapur yang terbesar di Kalimantan, yang tentunnya ini merupakan ekosistem yang sangat istimewa yang merupakan sumber kekayaan karena didalamnya ada sarang burung, air, bahan baku kapur dan seandainya dipertahankan akan menjadikan tempat wisata yang sangat indah dan mempesona. Bagi pemenjat tebing ini merupakan tantangan yang cukup menarik.

    4. Kabupaten Berau satu-satunya dikKalimantan timur yang mempunyai wilayah kepulauan yang sangat berpotensi, di antara pulau Semama dan pulau Sangalaki ada kumpulan terumbukarang yang sangat indah dan sangat mempesona.
    Di pulau Sangalaki banyak Peny hijaunya.

    5. Pada saat teman saya tahun 2004 kabupaten Berau masih merumpunyai kawasan Mangrove (Bakau) paling luas di Kalimantan Timur.

    6. Kekayaan sumderdaya alam yang sangat tinggi (hutan, tambang dan banyak lagi)

    Sampai disitu teman saya bercerita sambil mengenang masa-masa indahnya di kabupaten Berau yang dia anggap sebagai kampung halaman keduanya. Katanya masih banyak potensi yang belum sempat ia gali.

    Subhanallah saudaraku, patut disyukuri. Allah telah menganugrahkan semua ini kepada kita, khususnya bagi masyarakat Berau. Semoga semuanya ini dapat bermanfaat buat kepentingan makhluk Allah dimuka bumi dan meningkatkan taqwa kita kepadaNya,

    ahirnya teman saya berkata: "Saya berharap Berau bisa jadi contoh yang baik dalam mengelola Sumberdaya Alam diplanet bumi ini.

    ReplyDelete
  4. talisasyanku3/8/08 8:10 PM

    hallo kang ni defirdaus usul yeuh
    gimana kalau bikin komunity anak2 berau mo webnya to blognya sayahmah tidak mengerti lah
    tolong di update tentang berau
    defirdaus poetra talisayan lage kul di balikpapan

    ReplyDelete
  5. ass...
    slm kenal, nm sy ani, lg kul di unmul fak kesmas angkatan 07, lg dpt tgs ttg analisis kependudukan. ssh bgt dpt info lengkap ttg berau, bs ga mnt informasi ttg fertilitas, mortalitas, ketenagakerjaan, kesehatan n migrasi yg terbaru selama 5 tahun terakhir...
    trims...
    ditunggu loh secepatna...

    ReplyDelete
  6. asnawir moh.hatta2/5/09 11:14 PM

    asslm 'alykm......
    slm kenal......
    saya 'AS' putra talisayan lg kul di pulau tetangga (UMP) sul-teng,
    gimana caranya anak daerah bisa dikondisikan
    soalnya agak dikit malu juga bila memperkenalkan daerah yang mempunyai potensi yang begitu memadai tapi anaknya nyasar kenegeri orang sbenarnya kurag relefan juga sih..... trus buat komunity anak berau saya rasa oke juga tu.........
    agar silaturahim antara kita lebih erat. trims smoga tetap eksis n sll komunikatif.....mohon transformasi n atensinsanya. salam

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan Masukan Komentar dangkita..

:::Cara mengirim komentar anda harus mempunyai account google atau url web/blog lainnya ( seperti wordpress, dll ).
:::Jika anda tidak memiliki account google atau url web/blog, maka anda dapat mengirimkan komentar anda dengan memilih pengguna "Anonymouse"