Berau Adalah Potensi Yang belum Tergali

Berau adalah salah satu kabupaten yang ada di Kalimantan Timur yang nota bene memiliki kekayaan alam yang luar biasa. lihat saja objek wisata alam di pedalam Kelay dan Segah yang penuh dengan keindahan alam yang masih alami dan penuh dengan keindahan. jika kita bmenelusuri sungai Kelay dan Sungai Segah kita akan menemukan hamparan Kersik yang berwarna Putih terbentang di sepanjang sungai ini, Keindahan suasan alam yang terdapat di kiri dan kanan sungai juga membuat kita betah berjam jam untuk memandangnya.

Di pedalaman  Kelay dan Segah ini lah pula kita akan menemukan sebuah pemandangan yang menarik, dimana kita akan bertemu dengan masyarakat asli dayak, yang memiliki keunikan tersendiri.

Selain itu wisata Bahari yang menakjubkan yang terdapat di pulau derawan yang membuat siapa saja yang melihatnya akan berdecak kagum, selain Pulau derawan Pulau Sangalaki yang merupakan pulau tempat dimana penyu penyu bertelur, Pulau Maratua dengan legenda si Kokok nya,  serta konon setiap setahun sekali di pulau ini muncul seekor buaya putih, juga keunikan pulau yang berbentuk sangat unik ini memiliki keajaiban di dalamnya dan Pulau lain lainya merupakan Objek wisata yang menarik untuk di kunjungi

Batu Putih adalah salah satu kecamatan yang ada di kabupaten berau yang konon terdapat sebuah kerajaan yang paling pertama sekali ada di kabupaten berau ( pada waktu itu berau belum terbentuk )

Sambaliung juga merupakan salah satu kecamatan yang ada di kabupaten berau yang mana kita akan menemukan sebuah keraton yang masih berdiri kokoh sepeninggalan Kesultanan Sambaliung. di Sambaliung ini juga terdapat daerah yang bernama Bebanir Bangun, di Bebanir inilah konon asal muasalnya penduduk Berau atau dengan kata lain di sinilah penduduk Berau sebenarnya Berasal, dengan adat melayu yang kental dan kultur budaya yang melekat serta karakteristik yang masih melekat hingga saat ini dapat kita temui disini.

Gunung Tabur juga merupakan salah satu daerah kecamatan yang ada di kabupaten berau. ditempat ini juga kita akan menemukan bangunan bersejarah yang merupakan sepeninggalan kesultanan Gunung Tabur dan kemudian dijadikan Keraton Kerajaan Berau Setelah bersatunya Kesultanan Sambaliung dan Kesultanan Gunung Tabur, dan hingga kini masih dimanfaatkan menjadi sebuah Musium. Di Gunung Tabur inilah seorang Putri Raja Keraton yang masih hidup hingga kini bisa kita temui, Beliau bernama Aji Kanik Barrau Sanipa, beliau merupakan keturunan langsung dari Raja berau

Teluk Bayur juga merupakan salah satu kecamatan yang ada di daerah Kabupaten Berau, di tempat inilah kita akan menemukan peninggalan peninggalan pada saat penjajahan belanda dulu. peninggalan bangunan yang masih kokoh hingga saat ini, peninggalan sisa sisa masa pemerintahan penjajah dulu dan masih banyak lagi.

Masih banyak lagi Sejarah, Budaya, dan keindahan alam yang sudah sepantasnya kita lestarikan. Berau adalah potensi yang belum tergali, dan kalaupun kita sanggup mempertahan kannya untuk jangka yang akan datang, kita yakin berau akan menjadi salah satu objuek wisata pilihan baik bagi wisatwan domestik maupun mancanegara.

Comments